Cara Membuat Studio Shooting Kecil Untuk Vlog Di Rumah dan Rekomendasi Bali United Studio

BALI UNITED STUDIO

Pada dasarnya hal paling mendasar untuk membuat video YouTube hanya ada 2 yaitu produksi dan editing. Untuk produksi dibutukan kamera, lighting, setting, dan audio. Sedangkan editing adalah bagaimana anda mengeditnya sehingga apa yang telah dibuat menarik dan enak ditonton.

Perlu diketahui bahwa salah satu faktor pemikat yang membuat netizen betah menonton vlog adalah studio. Tidak perlu take di studio professional, karena anda sebenarnya bisa membuat studio kecil sendiri di rumah, kebanyakan vlogger juga melakukan hal yang sama. Nah, bagi anda yang ingin coba membuat studio sendiri di rumah, berikut cara membuatnya :

  • Memilih Sudut Yang Bagus Untuk Vlog

Yang pertama pilih salah satu sudut mana yang sekiranya bagus dan cocok dengan tema vlog anda. Lalu anda tinggal menatanya semirip mungkin dengan studio professional lengkap dengan letak lighting (ini merupakan rahasia terbesar), kamera, dan mikrofon.

  • Background

Perlu diketahui bahwa yang namanya setting studio shooting vlog tidak terlepas dari background, apalagi jika anda memilih membuat video, dimana anda harus duduk diam dan berbicara panjang lebar (biasanya pada video tutorioal make up). Dalam hal ini, sebaiknya anda menggunakan background polos atau penuh barang barang.

Walaupun begitu ada beberapa vlogger yang memilih setting “ramai” seperti Casey Neistat dengan background penuh barang tetapi kebanyakannya lebih memilih setting clean yang memberikan kesan professional.

Sebagai catatan, harus berhati hati menggunakan backdrop putih polos karena lebih tricky terhadap lighting terang. Jika tidak pas justru bisa membuat anda tampak pucat atau over lighting.

  • Lighting

Lighting atau pencahayan juga sangat penting, karena ini menjadi rahasia dibalik mulusnya penampilan vlogger, dan hasil video akan tampak seperti buatan studio professional. Penggunaan lighting untuk vlog ini terdiri dari dua cara yaitu pencahayaan natural dan menggunakan lampu.

Sumber pencahayaan natural tentunya bisa digunakan untuk rekaman outdoor tetapi tidak disarankan untuk indoor. Cukup gunakan lampu studio dan memanfaatkan natural lighting sebagai filter saja. Rumus penataan lampu untuk studio shooting vlog sama dengan dunia fotografi yaitu main, fill, dan background.

Penggunaan main dan fill light akan membuat wajah nanda tampak clean natural. Soalnya main light akan menimbulkan bayangan pada wajah sehingga tidak flat dan diperlembut dengan fill light.

Ketiga lampu tersebut bisa anda kreasikan posisi dan jumlahnya untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Contohnya, anda bisa menambahkan lampu lagi untuk menerangi bagian rambut supaya tidak tampak menyatu dengan background.

Rekomendasi Bali United Studio

Namun jika memiliki budget berlebih dan ingin membuat vlogger di studio mewah, anda bisa membuatnya di Bali United Studio. Yang mana, Bali United Studio ini merupakan unit usaha milik klub sepak bola kebanggan masyarakat Bali.

Alamat Bali United Studio

Jalan Duri Utama Raya No. 43, RT.011 RW. 007 Duri Kelapa, Kebon Jeruk, Jakarta 11510, RW.7, Duri Kelapa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11510.

Fasilitas Bali United Studio 1

Memiliki ukuran 30x24m dengan rincian sebagai berikut : Ridging & Catwalk – Limbo, AC (central), Make up room, VIP romm + private toilet – Toilet, Changing room, Workshop (Gudang), Mushola, Monitoring room, Lounge area, Canteen Area, Limbo (5.2m x 11.8m). Selain itu, tersedia juga varian durasi studio dan berbagai ukuran studio dan ruangan lainnya.

CONTACT VIA WHATSAPP

Studio Office : +6288293353247

Deasy : +62815-8211-288

Ranggi : 0878-8001-1465

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *