Berikut Ini Spesifikasi Bus Tol Trans Jawa Terkini Yang Harus Anda Ketahui

Pada saat anda akan bepergian dengan jarak jauh, tentunya anda membutuhkan kendaraan yang tangguh, kuat untuk membawa anda ke tempat tujuan dengan selamat. Jika anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh tersebut dengan menggunakan kendaraan darat, tentunya menggunakan kendaraan bus merupakan pilihan yang tepat bagi anda. Karena dengan menggunakan bus ini, anda akan merasa lebih nyaman, dan lebih leluasa dalam bergerak karena memang bus memiliki ukuran kabin yang besar. Sehingga perjalanan jarak jauh anda menjadi lebih nyaman, aman, dan menyenangkan. Apalagi jika busa tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mumpuni. Seperti yang dilakukan oleh PT Putera Mulya Sejahtera.

Salah satu perusahaan Otobus (PO) di Indonesia, PT Putera Mulya Sejahtera, telah menghadirkan layanan Bus Trans Jawa dengan rute Jakarta-Semarang-Solo. Lalu seperti apa spesifikasi bus buatan Swedia, Scania K4101B, ini? Perlu anda ketahui, bahwa Bus Scania K4101B ini sebelumnya telah digunakan PO Putera Mulya Sejahtera dengan rute Jakarta-Solo-Wonogiri, dimana bus ini sudah dibekali dengan mesin 13.00 DC13 dengan standar emisi Euro 5. Selain itu, mesin bus ini juga dilengkapi dengan teknologi turbocharged, dengan transmisi semi otomatis opticruise transmission. Mesin yang dimiliki bus ini bisa menghasilkan output hingga 410 hp pada putaran 1,900 rpm dan torsi puncak hingga 2.000 Nm di rentang 1.000-1.350 rpm.

Kurnia Lesani Adnan, yang merupakan pimpinan PT Mulya Sejahtera, mengklaim bahwa bus ini sangat cocok digunakan dalam perjalanan jarak jauh karena memiliki mesin yang sangat besar. “Mesin bus seperti ini sangat cocok untuk trek-trek panjang seperti di Tol Trans Jawa terkini,” ujar Kurnia kepada wartawan, di Semarang, Kamis 4 Februari 2019.

Selain itu, bus jenis double-decker yang berharga Rp. 3 miliar ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa membuat kenyaman bagi para penumpangnya selama dalam perjalanan. Seperti Anti-locking Braking System (ABS), Retarder, Electronic Brake System, dan Cruise Control yang bisa membuat bus melaju stagnan di kecepatan tertentu tanpa harus supir menginjak pedal gasnya. Dari berbagai fitur yang dimiliki oleh bus ini, salah satu fitur unggulan dari busa ini adalah Retarder. Dimana, dengan adanya fitur ini proses pengereman bisa dilakukan melalui transmisi. “Fitur ini bisa membuat pengereman lebih halus karena pengereman bukan dari roda, melainkan dari sistem transmisinya. Jadi seperti deselarsi,” ujar Kurnia.

Dalam bus ini memiliki kursi penumpang jumlah totalnya 44 kursi, dimana 38 kursi di atas dan 6 kursi di bawah. Selain itu, setiap kursi telah dilengkapi dengan fitur hiburan Audio Video On Demand (AVOD) serta penopang kaki (leg rest). Apalagi kursinya juga memiliki ukuran yang cukup lebar dan empuk, yang tentunya akan membuat para penumpang menjadi semakin nyaman selama dalam perjalanan.Demi kenyamanan penumpangnya, sebagai tambahan, perusahaan juga telah menyediakan bantal dan selimut di kursi penumpang. Bukan hanya itu, ada juga toilet dan water dispenser khusus bagi para penumpang yang ingin membuat teh atau kopi.

Sebagai informasi, Bus Trans Jawa baru saja membuka rute Jakarta-Semarang-Solo, dengan harga promo sekitar Rp. 50 ribuan. Harga ini akan naik menjadi Rp. 196 ribu untuk dek atas dan Rp. 325 ribu untuk dek bawah. Rute ini mulai beroperasi mulai 14 Februari 2019.

Mungkin itu saja informasi kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.

sumber : https://www.jokowi.link/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *