Kekecewaan Ducati Terhadap Operator MotoGP

Ducati merasa kecewa terhadap kebijakan baru MotoGP 2018. Pasalnya, operator MotoGP 2018 akan menetapkan sebuah regulasi baru yang terkait dengan pelaksanaan tes privat. Mayoritas dari tim-tim menyambut perubahan tersebut dengan sangat baik, namun Ducati berbeda. Tim pabrikan asal Italia itu memberikan kritikan pedas terhadap regulasi baru MotoGP 2018. Operator MotoGP bernama Dorna telah memutuskan untuk memberikan sedikit kebebasan kepada semua tim pada kompetisi MotoGP musim 2018 mendatang, jika sebelumnya regulasi juga membebaskan semua tim untuk dapat memilih tempat, dan waktu mengenai soal pelaksanaan tes privat yang kerap kali harus dijalani sebelum memasuki ajang kompetisi MotoGP tersebut.

Berita mengenai kekecewaan Ducati ini akhirnya diliput di berbagai media dan menjadi berita MotoGP terkini yang hangat untuk dibicarakan. Pada regulasi yang lama, tim yang telah memiliki sirkuit untuk melakukan tes privat dilarang untuk berada di tempat yang sama untuk balapan MotoGP tersebut selama 14 hari. Untuk sekarang, ada penyesuaian untuk regulasi yang baru, semua tim masih diizinkan untuk memilih sendiri sirkuitnya untuk menjalankan tes privat. Akan tetapi, penentuan waktunya harus ditetapkan oleh pihak MotoGP itu sendiri. Jika ada tim yang ingin melakukan tes privat di Misano, mereka baru bisa melakukan tes tersebut usai menjalani balapan di Misano pula. Sungguh hal yang agak menyusahkan untuk sebagian tim.

Selain itu, pada kompetisi MotoGP 2018 mendatang, hanya terdapat tiga tes dari 5 hari yang bisa dilangsungkan di lintasan MotoGP tersebut sebelum kompetisi dimulai. Para pembalap juga hanya akan diizinkan untuk melakukan tes di tiga tempat yang sudah disarankan dari pihak penyelanggara MotoGP saja. Sebenarnya hal ini sangat menguntungkan untuk semua tim MotoGP 2018 karena mereka dapat menghemat waktu serta biaya mereka untuk menjalani tes privat. Namun tidak dengan Ducati yang justru merasa kesal dengan perubahan ini. Pada berita MotoGP terkini disebutkan bahwa perubahan regulasi tersebut dapat membuat semua jadwal yang direncanakan oleh Ducati menjadi berantakan, sehingga Ducati harus kembali menyusun ulang jadwal untuk tes privat pembalapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *