7 Langkah Cuci Tangan Yang Sehat


Membersihkan tangan dengan menggunakan sabun merupakan hal yang penting untuk dilakukan guna menjaga kesehatan. 7 langkah cuci tangan perlu diperhatikan agar bisa memperoleh hasil yang maksimal. Dengan mencuci tangan secara benar, maka  kotoran – kotoran, kuman, dan juga bakteri merugikan yang lain akan mati. Bahkan untuk mengingatkan dunia akan pentingnya cuci tangan, tanggal 15 Oktober diperingati sebagai hari cuci tangan pakai sabun sedunia.

Langkah pertama dalam mencuci tangan adalah membasahinya mulai ujung jari hingga pergelangan. Gunakan air yang mengalir, lalu usapkan sabun dan gosok bagian kedua telapak tangan secara lembut. Lakukan itu dengan cara yang meratakannya ke seluruh tangang yang sudah dibasahi oleh air tersebut.

Langkah kedua dalam 7 langkah cuci tangan yang perlu diperhatikan adalah menyabuni tangan yang bagian atas. Cara melakukannya bisa dilakukan secara bergantian. Ketiga pada saat membersihkan pada tangan harus mencuci bagian sela – sela diantara jari – jari tangan juga harus kita berikan perhatian yang cukup agar sampai rata dan juga bersih tentunya.

Langkah keempat adalah mengatupkan tangan secara bersamaan  dalam proses pembersihan tangan. Hal ini harus dilakukan secara bergantian tangan saling menutup. Langkah kelima khusus untuk ibu jari juga harus digosok secara perlahan dan diputar – putar agar hasilnya diperoleh tangan tanpa ada kuman yang berbahaya. Cara ini terbukti ampuh untuk mengusir bakteri penyebab diare dan cacingan.

Langkah keenam dimulai dengan cara meletakan ujung jari dari setiap tangan. Selanjutnya adalah menggosok ujung jari dengan perlahan. Jika anak kesulitan maka guru atau dokter penyuluh perlu membantu mengajarkan bagaimana tahapan yang benar. Keenam cara ini silakan dipelajari terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal tentunya.

Langkah terakhir yaitu membersihkan tangan pada bagian pergelangan tangan. Hal ini wajib dilakukan agar usaha proses mencuci tangan bisa memberikan bekal positif berupa tangan bersih untuk mengakses berbagai aktifitas. Penerapan 7 langkah cuci tangan tidak maksimal jika Anda belum melakukannnya dengan benar. Dibutuhkan langkah – langkah  sehat yang melindungi kesehatan. Kebiasaan yang sehat akan bisa membuat berbagai wabah penyakit berbahaya bisa dicegah.

Dengan artikel diatas, semoga membantu Anda untuk menjaga kesehatan dengan baik dan benar. Terlebih mengenai masalah tangan. Membiasakan diri cuci tangan sebelum makan adalah hal yang amat penting. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membiasakan diri mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *