Panggul Sakit Saat Hamil? Lakukan 5 Yoga Untuk Ibu Hamil


Yoga untuk ibu hamil saat ini menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan para ibu hamil untuk mengisi waktu luangnya dan menjaga kesehatan janin. Hal ini banyak dilakukan demi tujuan bisa melahirkan secara normal tanpa oprasi. Proses yang alami saat melahirkan adalah dambaan semua ibu – ibu hamil. Dari yang hamil muda sampai yang tua pasti tidak menginginkan melahirkan anaknya dengan cara sesar. Di samping efek samping yang cukup membuat tidak nyaman di kemudian hari setelah melahirkan, cara ini juga membutuhkan uang yang banyak.

Ketika ibu – ibu sedang hamil pada awal – awal bulan pasti akan terasa sakit pada bagian panggul. Kenapa ini bisa terjadi ? karena di dalam tubuh seorang wanita terdapat suatu hormon yang bernama hormon relaxin. Hormon ini bertugas melenturkan otot – otot dan persendian agar tidak kaku pada saat ibu tersebut melahirkan secara manual. Jika Anda mengalaminya tenang saja karena di sini Penulis akan memberitahukan cara untuk meredakan rasa sakitnya.

Berikut 5 pose yoga untuk meredakan rasa sakit pada bagian panggul ketika sedang hamil:

  • Butterfly Pose

Pose ini adalah pose yang paling sering dilakukan oleh ibu – ibu hamil pada saat jeda beryoga. Pose ini diyakini dapat membantu ibu – ibu hamil dalam melatih membuka panggul dan juga diyakini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks serta pikiran pun menjadi tenang.

  • Wide Angle Seated Forward Bend

Pose yang kedua ini biasanya sering dilakukan ketika ibu hamil merasakan berat yang lebih dibagian perut serta rasa sakit di pinggang yang mulai terasa.

Dengan melakukan pose ini secara teratur dapat membantu ibu hamil untuk membuka panggul dan tulang belakang, rasa tegang pada bagian tulang punggung, pinggah bawah dan paha dalam juga sedikit demi sedikit menghilang.

  • Half Pigeon Pose

Ketika memasuki waktu kehamilan yang sudah cukup lama maka wajar saja jika ibu hamil akan merasakan nyeri yang terasa di bagian panggul dan menjalar ke bawah sampai ke paha, lutut, betis bahkan bisa sampai ke tumit.

Semua itu dapat teratasi jika melakukan pose ini secara teratur dan benar tentunya. Selain menghilangkan rasa nyeri dan kram posisi ini juga sama dengan pose lainnya yang dapat membantu membuka panggul serta bagus untuk rotasi internal bayi yang sedang dikandung.

  • Squat Pose

Pose ini sangat disarankan dilakukan secara rutin karena dapat membantu menyukupi asupan oksigen ke plasenta, membuka area panggul, dan mengurangi ketegangan yang berlebih pada bagian tulang punggung, bahu dan leher.

Dan katanya posisi ini juga baik untuk melahirkan bayi Anda karena pada posisi jongkok seperti ini gravitasi akan membantu bayi Anda lahir dengan mudah, tentunya lakukan jika dokter Anda mengijinkannya.

  • Happy Baby Pose

Posisi ini sebaiknya dilakukan dengan bantuan bantal atau selimut yang cukup empuk supaya pinggang Anda tidak terasa sakit dan nyaman nantinya.

Posisi ini dapat mengurangi kram dan rasa mual yang disebabkan oleh hormon kehamilan. Posisi ini juga dapat membuat Anda merasakan kenyamanan serta membuat Anda menjadi sedikit lebih rileks.

Itulah beberapa pose yoga untuk ibu hamil yang bisa Anda lakukan jika merasa mual atau sakit di bagian panggul. Lakukan secara rutin dan sesuai dengan petunjuk atau bisa lakukan dengan bantuan pelatih yang susah ahli tentunya agar tidak terjadi kesalahan fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *